Selasa, 10 Februari 2015

Yesterday

Jadi kemarin Vinka pas baru pulang sekolah nangis. Kata Nek minya, Vinka dah nangis pas mau dijemput pulang. Ini kedua kalinya Vinka nangis disekolah. Dulu dia nangis karena diejek/diganguin sama kawannya. Gara-gara Vinka nggak sengaja bikin robek spanduk Tknya yang udah nggak kepake lagi yang ditaruk diteras sekolah.
 "Ayo Vinka, ayo Vinka" teman-temannya nyorakin Vinka karena dah bikin spanduk itu jatuh dan robek. Vinka sedih dan takut disudutin seperti itu, jadilah dia nangis. Padahal ibu gurunya juga dah bilang sama Vinka spanduk tuh juga mau dibuang, tapi Vinka tetap aja nangis.
Kali ini ada dua penyebab Vinka nangis:pertama karena didorong sama temannya sampai jatuh, satu lagi karena Vinka ingin dijemput sekolah sama mamanya bukan neneknya. Untuk masalah yang pertama ini udah kedua kalinya, teman Vinka sebut aja namanya F  bikin Vinka celaka. Dulu Vinka pernah juga dipukul sampai bibirnya bedarah sama F. Pas saya tanya sama F kenapa pukul Vinka sampai berdarah dia bilang cuma main-main. Geram deh.
Dengar jawabannya. Langsung deh si F saya nasehatin kalau main jangan seperti itu, luka, bahaya.Baru dia minta maaf sama Vinka. Bu guru juga bilang F memang paling gimana gitu...diantara kawan-kawan tk Vinka.
Mau ngaduin sama ibunya. Ibunya F cuma PRT sayang juga kalau jadi nambah beban pikiran  ibunya. Serba salah.
Tapi sepertinya F nggak kapok juga main-main yang bikin temannya terluka, so solusinya  saya suruh Vinka balas apa yang F bikin ke Vinka dan berharap Si F jera. Sebelumnya seh udah kasih alternatif pilihan buat Vinka kalau main jangan dekat-dekat si F, atau kalau si F nakal lapor sama  Bu Guru. tapi si F tetap aja suka gangu Vinka.
 Sebenarnya mo ajarin Vinka jangan jadi pedendam, tapi kalo terus-terusan Vinka digangu terus kayanya nasehat ini nggak cocok deh. Cocoknya "lawan" jadi kawan-kawannya berhenti isengin Vinka














3 komentar:

  1. Kadang emang suka jengkel sama temannya anak kita yang suka usil..kasian juga sama vinka ya...:)

    BalasHapus
  2. Iya, memang kadang-kadang jadi emak suka serba salah kasih nasehat, satu sisi sayang anak kita sisi lain, Vinka juga harus belajar mempertahankan diri

    BalasHapus
  3. Vinka harus berani ya Mak.. Kalau dia dijahatin, gak boleh lemah. Hmm... ada benarnya juga.

    BalasHapus